Langkah Membuat Laptop Agar Tidak Lemot

Langkah Membuat Laptop Agar Tidak Lemot

7 Langkah Membuat Laptop Agar Tidak Lemot Lagi – Laptop semua orang sudah kenalkan akan barang elektronin ini. Dahulu komputer begitu sukses sekali keberadaannya karena bisa dengan mudah menggantikan beragam pekerjaan yang ada sebelumnya. Dan menariknya di pekerjaan itu dapat di selesaikan jauh lebih cepat. Tetapi di zaman sekarang ini dengan mobilitas yang tinggi dengan sering berpindah – pindah lokasi perkerjaan membuat komputer sedikit dikesampingkan, orang akan lebih memilih memakai laptop. Laptop begitu mudah sekali di bawa kemana – mana simpel dan tidak bikin ribet. Dahulu tidak banyak yang memiliki hanya segelintir orang yang benar – benar memilki uang lebih yang bisa mempunyainya, tapi sekarang sudah dapat di miliki siapa saja. Hal ini di karenakan harganya sudah murah dan banyak metode pembelianya sendiri baik yang cast atau di cicil.

Produsen yang memproduksi dan menjual laptop sendiri sudah banyak dan memiliki ragam spesifikasi beda – beda dari merk dalam negeri seperti zirex, axioo dan untuk merk luar negeri seperti asus, compaq, dell, fujitsu, lenovo, samsung, razer, hawlet packard (hp), acer, toshiba, apple, msi, sony.

Dengan berjalanya waktu semakin sering mengoperasikan laptop sendiri membuat lambat laun akan berubah menjadi lambat. Hal ini pastinya akan sangat menggangu sekali terlebih saat di kejar deatline pekerjaan.

Laptop yang dahulu memiliki performa yang bagus tetapi kini berubah menjadi lemot. Apa saja masalah dan solusinya.
Bila laptop anda memiliki umur maksimal tidak lebih dari 3 tahun bisa di katakan sebagai generasi baru. Hardware dan software sudah mengikuti perkembangan IT sekarang. Sudah banyak teknologi yang di hasilkan agar terus mengikuti perkembangan zaman yang ada.

Langkah Membuat Laptop Agar Tidak Lemot

Meskipun spek baru masih tidak menutup kemungkinan juga lemot. Lalu apa masalah dan bagaimana untuk mengatasinya? Simak ya?

[1]. Buang program yang tak berguna
Banyaknya program yang di install di laptop akan sangat berpengaruh sekali terhadap kinerjanya. Program yan di pasang akan di install di drive C yang mana merupakan tepat sistem berada juga. Kondisi ini akan membuat menjadi penuh. Semua data yang ada ini akan di baca secara berantian oleh sistem. Jadi semakin banyak program yang di pasang maka akan semakin lama membacanya.
Maka itu bila program itu sudah tidak di gunakan lagi sebaiknya di hapus saja. Untuk menghapus atau menguinstall ini sangatlah mudah sekali.

Klik gambar WIndows –>> Contol Panel –> Programs and Features –> Cara Program yang mau di hapus. Klik saja. Di bagian atas tekan tombol Uninstall. Selesai.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Shortcut di Dekstop Pada Windows 7

[2]. Bersihkan desktop
Sering sekali anda melihat banyak shortcut suatu program di letakkan di bagian desktop laptopkan?? Atau malahan anda sering melakukan ini. Memang sih akan mempermudah saat membuka aplikasi tersebut. Perlu anda ketahui bahwa saat komputer di nyalakan akan membaca semua yang ada termasuk apa yang ada di bagian depan dekstop sendiri. Semakin banyak tampilan yang ada maka bisa di pastikan membacanya juga lebih lama. Untuk laptop yang memiliki spek tinggi dengan memory yang besar pengaruhnya tidaklah besar tetapi bisa speknya terbatas ini sangat berpengaruh sekali.

[3]. Jalankan program seperlunya saja
Menjalankan suatu program secara bersamaan pastinya kan membuat menjadi lebih lemot laptopnya. Sebab dengan ini akan membuat penggunaan RAM menjadi lebih besar. Ini terlebih bila hanya memakai RAM dengan kapasitas yang kecil. Maka dari itu baiknya bila membuka aplikasi jangan langsung berbarengan sekaligus.

[4]. Bersihkan program startup
Startup adalah masa di mana laptop akan memulai bekerja. Bila banyak aplikasi yang di pasang di starup maka akan menjadi lambat untuk ke dalam posisi laptop siap di pakai. Ini bisa di cek di bagian kanan bawah. Di sana akan terlihat aplikasi apa saja yang terpasang. Pilih saja yang perlu – perlu saja seperti antivirus. Sisanya di buang saja.

[5]. Scan virus
Virus dan virus menjadi persoalan yang pelik sebenarnya. Virus ini tidak terlihat, tetapi bila sudah menginveksi sistem operasional akan memberi dampak yang merugikan. Pasti OS akan menjadi lambat karena virus akan merusak sistem yang ada. Maka dari itu lakukan scan antivirus secara berkala. Agar bisa menangkal si virus sendiri.

6]. Tambah RAM
Sekarang ini semakin hari aplikasi membutuhkan memory yang besar agar bisa berjalan dengan baik. Untuk itu lakukan penambahan RAM pada laptop sendiri. Dengan ini maka akan sangat bisa merupak kecpatan kinerja laptop sendiri. Pastinya RAM yang di pilih memiliki spesifikasi yang sama meskipun beda merk, tetapi alangkah baiknya merknya sama.

[7]. Bersihkan Laptop
Membersihkan laptop ini tidak bisa di pandang sebelah mata. Meskipun bagian dalam ini tertutup tetapi yang namanya kotor karena debu bisa saja terjadi. Debu adalah partikel kecil yang bisa masuk dengan mudah ke dalamnya. Kotoran yang ada akan sangat mempengaruhi kinerja laptopnya. Panas yang ada tidak bisa di buang dengan sempurna karna debu menghalangi proses pembuangan. Maka dari itu lakukan bersih – besih laptop secara berkala minimal 6 bulan sekali. Di butuhkan kehati – hatian dalam melakukannya sebab bila tidak komponen yang ada bisa rusak dikarenakan sangat mudah rusak.

Hal ini tidak harus anda kerjakan sendiri bila tidak memiliki bekal pengetahuan yang baik, gunakan saja jasa membersihkan laptop yang ada disekitar anda.

header niko 728 x 90

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below