Cara Merawat Motherboard Laptop

Cara Merawat Motherboard Laptop

Cara Merawat Motherboard Laptop – Motherboard salah satu peripheral yang punya peranan penting sekali. Bisa di katakan sebagai jantung dari semua perangkat yang ada. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat untuk menghubungkan semua komponen yang ada terutama hardware yang di perlukan mulai dari vga, prosesor, ram, harddisk.

Agar terus bisa bekerja dengan maksimal ketika di gunakan setiap saat, ada baiknya selalu di rawat. Untuk perawatannya tidaklah susah, hanya perlu meluangkan waktu beberapa saat saja. Begini caranya :

Bersihkan dari debu
Seringnya mainboard ini mengalami kerusakan ini di sebabkan karena panas yang berlebihan. Panas ini bisa di sebut dengan kata overheat. Salah satu penyebab utama adalah karena ada debu yang menempel dan tidak di bersihkan. Debu – debu ini menempel karena dengan partikel yang kecil ini masuk dengan bebas ke dalamnya sehingga panas yang ada tidak bisa di buang dengan maksimal (baca : tempat membersihkan laptop di jakarta). Maka dari itu langkah terbaik adalah dengan membersihkan debu yang ada. Alat yang di gunakan adalah kuas, kain lembuat vacum cleaner dan kompresor udara. Lakuka perawatan ini minimal 6 bulan sekali.

Cek kipas
Memeriksa kondisi kipas ini penting sekali. Untuk itu lakukan secara rutin 1 bulan sekali. Tujuan untuk mengetahui apakah masih bekerja dengan baik atau tidak. Kalau saja sudah tidak bekerja dengan baik maka ada baiknya untuk mengganti dengan yang baru. Bila masih baik maka baiknya segera di bersihkan dari debu atau kotoran jenis lainnya. Lakukan secara hati – hari karena perangkat ini rentan sekali.

Periksa kapasitornya
Jangan lupa untuk mengecek kapasitor yang ada. Bila dilihat bentuknya seperti tabung yang pada bagian bawahnya ada kaki 2. Periksa apakah kapasitor ini maish baik atau sudah menggelembung. Kalau sudah menggelembung wajib untuk di ganti dengan yang baru dan secepat mungkin. Memang agak sulit untuk mengganti sendiri maka dari itu ada baiknya di bawa ke service laptop terbaik dan terpercaya saja. Karena teknisi disini bisa dikatakan jauh lebih berpengalaman dari anda bukan.

Cek charger laptopnya
Arus yang masuk ini haruslah yang stabil. Sebab bila naik turun arusnya bisa saja akan merusak komponen yang ada pada motherboardnya. Maka dari itu untuk charger pilihlah yang asli atau ori bukan kw – kwan. Inget charger ini sebagai jalan masuknya arus ke laptop. Dan pastikan spesifikasi yang ada ini sama jangan berbeda.

Cara Merawat Motherboard Laptop

Jangan Terlalu lama memakainya
Terkadang karena asyiknya sehingga lupa akan waktu. Ada baiknya batasi dulu seberapa saat agar komponennya pun beristirahat dan bisa dingin semuanya. Meskipun di dalamnya juga ada kipas sebagai pendingin tetapi akan jauh lebih baik di matikan dulu. Paham kan?

Baca juga : Cara Membersihkan Kipas Prosesor Laptop

Hidupkan sebentar saja
Membiarkan laptop dalam kondisi lama tidak terpakai juga memberi efek tidak baik karena bisa merusak motherboardnya juga. Saat di simpan alam waktu yang lama menjadikan komponen yang ada ini dingin dan bisa jadi ketika di hidupkan malahan bisa error. Untuk itu nyalakan laptop minimal 1 minggu sekali. Bisa di gunakan untuk mengetik, main game dan lainnya.

So penting sekali untuk merawat motherboard ini, karena kalau sudah rusak biayanya akan mahal untuk memperbaikinya.

header niko 728 x 90

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below